Pengertian Vaksin

Go down

Pengertian Vaksin

Post by arta hendrix entrox on Mon Mar 10, 2014 1:30 pm

Vaksin adalah senyawa antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan aktif untuk meningkatkan imunitas tubuh terhadap suatu penyakit sehingga tubuh dapat segera membuat antibodi yang di kemudian hari dapat mencegah atau kebal dari penyakit.
Vaksinasi adalah suatu usaha memberikan vaksin tertentu ke dalam tubuh untuk menghasilkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.
Vaksin terbuat dari virus yag telah “dilemahkan” dengan menggunakan bahan-bahan tambahan lainnya seperti formalaldehid, thymerosal dan lainnya, dapat juga berupa organisme mati atau hasil-hasil pemurniannya seperti dalam bentuk protein, peptida, partikel serupa virus, dsb.
Vaksin terdiri dr 2 macam bentuk, yaitu: 1.vaksin in aktif berbentuk emoulsion/mengandung minyak. 2.vaksin aktif berbentuk beku yang mudah larut dalam air.
Aplikasi Vaksin sendiri ada beberapa macam, anatara lain : 1.intra muscular(vaksin pada otot dada atau otot paha dengan cara injeksi/suntik), 2.subcutan(vaksin dibawah kulit. kebanyakan kulit leher bagian atas dengan cara injeksi/suntik) 3.oral solution(vaksin pada mata,hidung,mulut dengan cara tetes atau cekok atau air minum), 4.wing web(tusuk sayap, khusus untuk vaksin cacar)
Dengan melakukan Vaksin belum tentu menjamin perlindungan penuh terhadap penyakit. Kadang-kadang, hal ini terjadi karena sistem kekebalan inangnya tidak merespon secara memadai atau sama sekali.sehingga vaksin dinyatakan gagal atau tidak berhasil serta kualitas dan kuantitas dari produk tersebut.
avatar
arta hendrix entrox

Posts : 3
Join date : 06.03.14
Location : wates - kediri - jawa timur

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik